Rabu, 27 April 2011

2011 In Movie: Film Drama - Komedi Yang Paling Ditunggu

Biasanya, film-film yang dianggap film bermutu pastilah dari genre yang satu ini. Kalau bukan film drama pastilah film berbau komedi. Buktinya, film-film dari genre inilah yang selalu masuk nominasi dan menang di ajang perebutan piala Oscar atau Golden Globe yang notabene adalah ukuran sukses sebuah film dari sisi kualitas. Dan kalau Anda termasuk penggemar film-film drama atau komedi, tahun ini akan banyak film dari genre ini yang bakal memuaskan rasa haus Anda akan film. Selain bakal dihiasi beberapa film 'baru' seperti THE DILEMMA, FRANKIE AND ALICE, atau WATER FOR ELEPHANTS, tahun ini juga akan ada sekuel dari film sukses seperti THE HANGOVER PART II atau remake seperti FOOTLOOSE misalnya. Kalau bingung bakal nonton apa saja sepanjang dua belas bulan ke depan, di bawah ini ada sedikit panduan yang mungkin berguna buat Anda menentukan pilihan.
JANUARI
THE DILEMMA (14 Januari)
Jujur atau bohong? Selalu jadi masalah yang susah dicari jawabnya, apalagi kalau sudah menyangkut orang dekat kita. Masalah yang sama juga dihadapi oleh dua orang bersahabat yang jadi karakter sentral film ini. Hasilnya, lelucon pun digali dari peristiwa yang terjadi selama 'terbelit' dilema ini. Nama yang dipasang Ron Howard pun termasuk nama-nama besar seperti Vince Vaughn, Jennifer Connelly, dan Winona Ryder.
BARNEY'S VERSION (14 Januari)
BARNEY'S VERSION ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis asal Kanada. Yang jadi daya tarik utama di sini memang adalah nama Paul Giamatti dan Dustin Hoffman yang memang selalu menghasilkan film-film berkualitas. Soal hasilnya memang masih harus ditunggu sampai film ini beredar. Sayangnya, film ini kabarnya hanya diedarkan terbatas.
THE COMPANY MEN (21 Januari)
Krisis ekonomi yang berkepanjangan sepertinya menggugah John Wells untuk menulis naskah film yang kemudian ia sutradarai sendiri ini. Selain cerita yang sepertinya menarik untuk disimak, Wells pun cukup jeli dalam memilih para pemeran yang ia pasang dalam film ini. Ada Ben Affleck, Kevin Costner, dan Tommy Lee Jones yang memang sudah kenyang pengalaman akting.
NO STRINGS ATTACHED (21 Januari)
Bisakah seks dilakukan tanpa cinta? Paling tidak dua karakter utama dalam film berjudul NO STRINGS ATTACHED ini yakin kalau mereka bisa. Sayangnya, semakin lama sepertinya rencana mereka mulai berantakan. Idenya cukup menjanjikan, apalagi ada nama Natalie Portman di sana. Yang sedikit meragukan barangkali adalah Ashton Kutcher yang dipasang untuk mendampingi Portman. Semoga saja Ivan Reitman, sang sutradara, bisa mengatasi masalah ini.
THE WAY BACK (21 Januari)
Alam memang tak bisa dilawan! Kurang lebih pesan itulah yang ingin disampaikan oleh film yang mengungkap perjuangan beberapa orang yang berhasil meloloskan diri dari penjara Rusia yang ganas hanya untuk menghadapi keganasan alam di luar penjara. Ada banyak nama besar yang memang jadi jaminan suksesnya film yang kabarnya hanya didistribusikan secara terbatas ini.
BIUTIFUL (28 Januari)
Judulnya memang unik. Bukan itu saja, kisah yang ditawarkan film yang dibintangi oleh Javier Bardem ini juga unik. Aktor berdarah Spanyol ini memerankan karakter bernama Uxbal yang keras hati namun sangat mencintai keluarganya. Dikisahkan, karakter bernama Uxbal ini memiliki kemampuan membaca pikiran orang yang baru saja meninggal. Yang pasti, ada nama Javier Bardem saja sudah cukup menjadi jaminan film ini bakal menarik.
FROM PRADA TO NADA (28 Januari)
Menempatkan orang di situasi yang tak menyenangkan memang selalu jadi sumber kelucuan yang tidak ada habisnya. Sekali lagi konsep itu diterapkan pada film FROM PRADA TO NADA yang sejatinya adalah plesetan dari novel SENSE AND SENSIBILITY karya Jane Austen. Meski tak banyak nama bintang kelas A namun sepertinya konsep yang dijanjikan film ini cukup menarik juga.
FEBRUARI
FRANKIE AND ALICE (4 Februari)
Melawan kekuatan dari luar saja mungkin sudah cukup berat, apalagi kalau harus memerangi diri sendiri. Masalah jadi makin rumit kalau kasusnya sudah sampai pada kepribadian ganda. Proyek terbaru Halle Berry ini kabarnya sempat harus tertunda cukup lama lantaran masalah konsep film yang tergolong 'unik' untuk ukuran Hollywood. Seperti apa film yang sempat harus tertunda ini? Kita tunggu saja.
JUST GO WITH IT (11 Februari)
Adam Sandler adalah seorang dokter sukses yang sering berpura-pura menjadi pria yang pernikahannya tak bahagia hanya untuk mendapatkan teman kencan. Masalahnya, trik ini justru tak berhasil saat Adam benar-benar jatuh cinta. Serentetan kebohongan itulah yang bakal jadi sumber joke yang bakal mengocok perut penonton.
GNOMEO AND JULIET (11 Februari)
Bagaimana kalau kisah tragis Romeo dan Juliet terjadi lagi namun dengan tokoh yang berbeda? Bisa jadi menarik. Apalagi kalau yang jadi tokohnya adalah para kurcaci. Dan yang pasti Walt Disney Studio sepertinya masih jadi patokan film animasi sukses. Didukung lagi dengan para pengisi suara yang rata-rata adalah pesohor kelas atas Hollywood. Lengkap sudah GNOMEO AND JULIET ini jadi film yang layak ditunggu.
CEDAR RAPIDS (11 Februari)
Tim Lippe memang hanya seorang pria sederhana. Jadi jangan kaget kalau Tim terlihat aneh di antara para penghuni hotel yang ia tempati selama ia mengikuti konferensi tahunan perusahaan asuransi. Ditambah lagi dengan 'pengaruh buruk' dari tiga orang teman baru Tim, pas sudah Tim jadi bahan tertawaan penonton.
BIG MOMMAS: LIKE FATHER, LIKE SON (18 Februari)
Sekali lagi Malcolm Turner bakal menyamar menjadi Big Momma saat ia menyelidiki sebuah kasus kejahatan. Bedanya, kali ini ia tak sendiri karena keponakan Malcolm juga ikut membantu. Malahan Trent juga ikut mengenakan pakaian wanita dan menyusup di tengah-tengah siswi sebuah sekolah yang diduga jadi tempat persembunyian sang pelaku kejahatan.
HALL PASS (25 Februari)
Karena selalu mengeluh kehilangan kebebasannya, Rick dan Fred pun dibebaskan oleh istri-istri mereka untuk melakukan apapun yang mereka inginkan. Selama satu minggu penuh mereka bisa melakukan apapun yang mereka inginkan dan tak akan ada pertanyaan apapun setelah itu. Celakanya ide cemerlang ini jadi malapetaka saat Rick dan Fred sadar kalau istri-istri mereka juga melakukan hal yang sama.
MARET
RANGO (4 Maret)
Rango adalah seekor bunglon yang selama ini selalu menganggap dirinya sebagai seorang pahlawan pembela kebenaran. Sayangnya, Rango hanyalah seekor bunglon yang tinggal di sebuah terrarium. Dan saat tiba-tiba Rango dilepas di alam bebas, ternyata menjadi seorang pahlawan pembela kebenaran bukanlah sebuah tugas yang mudah dilakukan.
TAKE ME HOME TONIGHT (4 Maret)
Lulus kuliah kadang jadi saat-saat yang sangat menakutkan buat sebagian orang, termasuk para tokoh dalam film berjudul TAKE ME HOME TONIGHT ini. Dan saat malam pesta dansa tiba, tiba pula saatnya buat para karakter ini untuk menentukan langkah berikutnya. Kini tiba saatnya buat mereka untuk menentukan jalan hidup mereka.
JANE EYRE (11 Maret)
JANE EYRE ini diadaptasi dari sebuah novel karya Charlotte Bronte dan mengisahkan perjalanan Jane Eyre mencari cinta sejatinya. Dan ketika Jane mulai jatuh cinta pada pria yang juga menjadi majikannya, ternyata sang majikan punya rahasia yang tak pernah ia ungkapkan sebelumnya. Mia Wasikowska yang bermain apik dalam ALICE IN WONDERLAND ditunjuk sebagai pemeran utama film arahan Cary Fukunaga ini.
THE BEAVER (25 Maret)
Ini memang bukan film pertama hasil arahan Jodie Foster. Tapi sepertinya film ini bakal menarik. Bagaimana tidak, ada nama Mel Gibson yang dipasang sebagai pemeran utama. Berbeda dari kebanyakan film Mel yang menggambarkan aktor ini sebagai karakter tangguh, yang satu ini justru mencoba mengubah Mel menjadi sosok yang kesulitan berkomunikasi. DIARY OF A WIMPY KID 2: RODRICK RULES (25 Maret)
Sukses dengan bagian pertama, kini bagian kedua pun dibuat. Kali ini penonton diajak mengikuti bagaimana Greg yang berusaha mati-matian menyembunyikan rahasia terbesarnya agar tidak ada orang yang tahu. Celakanya, Rodrick yang kebetulan tahu soal rahasia besar Greg ini justru malah berambisi mengungkap aib ini. Bagian kedua ini disutradarai oleh David Bowers yang sempat mengarahkan film ASTRO BOY 2009 lalu.
MIRAL (25 Maret)
Sejak masih berusia tujuh tahun Miral memang selalu tinggal di dalam panti asuhan. Ia tak pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi pada bangsanya. Di saat usia Miral mulai menginjak dewasa, barulah ia tahu apa yang telah terjadi pada bangsa Palestina. Sayangnya ia kemudian terjebak di antara keinginan untuk ikut membantu bangsanya dan keinginan pemilik panti asuhan untuk menekankan pentingnya pendidikan buat kemajuan sebuah bangsa.
APRIL
ARTHUR (8 April)
Judulnya memang sangat singkat. Hanya ARTHUR saja. Film ini sebenarnya adalah remake dari film berjudul sama yang beredar di tahun 1981 lalu. Kali ini yang bakal memerankan Arthur, sang tokoh utama, adalah sang komedian Inggris, Russell Brand. Dalam film ini Russell akan memerankan seorang playboy yang terancam kehilangan warisan gara-gara jatuh cinta.
RIO (15 April)
Blu memang bukan burung liar. Seumur hidupnya ia tinggal dalam sangkar dan tak pernah terbang jauh. Tapi pada saat ia bertemu Jewel, Rio tahu kalau Jewel adalah takdir hidupnya dan karena itu Blu tak ragu-ragu terbang melintasi samudera menuju Rio de Janeiro untuk menemui belahan jiwanya ini. RIO ini adalah hasil karya Carlos Saldanha, sutradara yang juga mengerjakan film ICE AGE.
SOUL SURFER (15 April)
SOUL SURFER ini dibuat berdasarkan kisah nyata seorang surfer yang kehilangan satu lengannya akibat serangan hiu. Setelah sembuh, sang surfer yang dalam film ini diperankan AnnaSophia Robb, menghadapi perang batin antara menyerah dan kembali berselancar seperti sebelumnya. Meski pemeran utamanya sendiri relatif belum dikenal namun ada nama Helen Hunt, Dennis Quaid, dan Carrie Underwood yang dipasang dalam film ini.
MADEA'S BIG HAPPY FAMILY (22 April)
Proyek Tyler Perry ini adalah proyek musikal yang melibatkan nama Cassi Davis, Chandra Currelley Young, dan Cheryl Pepsii Riley. Dalam film ini Tyler akan ikut bermain sebagai Madea yang berusaha keras untuk menyatukan kelima anak-anak Shirley yang sepertinya sibuk dengan urusan mereka masing-masing. Selain menjadi sutradara dan pemeran, Tyler juga menjadi produser, penulis naskah sekaligus salah satu pengisi musik dalam film ini.
WATER FOR ELEPHANTS (22 April)
Diangkat dari novel karya Sara Gruen, WATER FOR ELEPHANTS ini bercerita tentang seorang pemuda yang terlibat hubungan asmara dengan seorang wanita yang telah bersuami. Dengan latar belakang sebuah kelompok sirkus, film ini dibintangi nama-nama besar seperti Robert Pattinson, Christoph Waltz, dan Reese Witherspoon.
PROM (29 April)
Dari judulnya saja sudah terlihat kalau film ini bakal mengangkat kisah tentang para remaja. Yang dipasang sebagai pemeran pun jelas para bintang muda seperti Aimee Teegarden, Nicholas Braun, Dean Norris, Danielle Campbell, Cameron Monaghan, Christine Elise. Dan karena film ini juga rilisan Disney maka bisa jadi film ini tak akan berbeda nuansa dengan HIGH SCHOOL MUSICAL.
MEI
SOMETHING BORROWED (6 Mei)
Ada kalanya sebuah persahabatan menghadapi ujian berat seperti yang terjadi dalam film ini. Luke Greenfield mencoba menggali kisah yang terjadi saat seorang wanita secara tidak sadar melakukan hubungan seks dengan pria yang juga adalah calon suami dari sahabat baiknya. Ginnifer Goodwin dipasang sebagai pemeran utama dalam film produksi Alcon Entertainment ini.
BRIDESMAIDS (13 Mei)
Melihat judulnya saja sudah bisa diduga kalau film ini bakal bercerita tentang acara pernikahan dan ada kemungkinan film ini bakal mengangkat alur yang kurang lebih sama dengan BRIDE WARS. Jarang ada film yang hampir seluruh pemerannya adalah wanita seperti ini dan karena itu pula sepertinya BRIDESMAIDS ini layak dicoba.
THE HANGOVER PART II (27 Mei)
Kira-kira petualangan apa lagi yang bakal dialami tiga sahabat yang sempat membuat kekacauan di Las Vegas ini? Belum banyak kabar yang beredar memang tapi yang pasti kali ini mereka akan menghadapi petualangan seru di, bukan di Las Vegas tapi di Thailand. Bradley Cooper tetap dipasang sebagai pemeran dan nama Ken Jeong pun masih tetap ada di daftar pemain.
THE TREE OF LIFE (27 Mei)
Tersesat dalam rimba kehidupan. Sepertinya topik yang disodorkan Terrence Malick ini cukup menarik untuk diikuti. Entah bagaimana Terrence bakal membuat visualisasi dari pergolakan batin yang rumit ini dalam sebuah film yang dibatasi oleh durasi namun yang jelas film ini bukanlah film yang mudah dicerna.
JUNI
BEGINNERS (3 Juni)
Film arahan sutradara Mike Mills ini berkisah tentang rahasia yang terpendam selama bertahun-tahun dan baru terungkap di detik-detik yang sudah sangat kritis. Kabarnya, film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi dalam hidup sang sutradara sendiri. Soal performa box office barangkali tak akan terlalu menjanjikan mengingat film ini sepertinya dibuat untuk kalangan terbatas.
BAD TEACHER (24 Juni)
Jake Kasdan, sang sutradara, mengonsep film ini sebagai sebuah film komedi situasi dan memasang nama Cameron Diaz sebagai pemeran utamanya. Kisahnya akan bergulir di seputar karakter yang diperankan Diaz yang berprofesi sebagai seorang guru dan sedang mengincar guru lain yang ternyata berasal dari keluarga kaya. Selain nama Diaz, film ini juga memasang nama Justin Timberlake sebagai pemerannya.
JULI
LARRY CROWNE (1 Juli)
Yang satu ini adalah proyek ambisius Tom Hanks. Selain menjadi pemeran utama, kali ini Hanks juga akan menjabat sebagai sutradara, penulis naskah, sekaligus produser. Kisahnya cukup sederhana. Karakter yang diperankan Hanks bakal kembali ke kampus setelah ia kehilangan pekerjaannya. Bukan hanya mendapat ilmu baru, di kampus ini karakter yang diperankan Hanks justru malah mendapat kekasih baru juga.
ONE DAY (8 Juli)
Ada nama Anne Hathaway dalam daftar pemeran film ini. Filmnya sendiri diadaptasi dari sebuah novel karya David Nicholls dengan judul yang sama. Malahan naskah film ini pun dikerjakan sendiri oleh Nicholls meski soal penyutradaraan diserahkan pada Lone Scherfig. Penonton akan dibawa mengikuti kisah kasih sepasang anak manusia yang bertahan hingga dua dasawarsa.
ZOOKEEPER (8 Juli)
Bagaimana kalau binatang bisa bicara? Coba saja kita lihat film berjudul ZOOKEEPER ini. Film komedi arahan sutradara Frank Coraci ini memang mengisahkan soal dunia binatang yang ternyata tak beda dengan dunia manusia, hanya saja mereka ternyata bersumpah tak mau bicara selama ada manusia di sekitar mereka.
FRIENDS WITH BENEFITS (22 Juli)
Melihat sinopsinya, film arahan Will Gluck ini mengangkat tema yang sama dengan film NO STRINGS ATTACHED. Mungkin tak sama persis tapi kurang lebih pesan moral yang ingin disampaikan masih tetap sama. Film ini juga memasang sederet nama besar seperti Justin Timberlake, Mila Kunis, Woody Harrelson, dan Emma Stone. CRAZY, STUPID, LOVE. (29 Juli)
Betapa kagetnya Cal saat tiba-tiba istrinya meminta cerai. Cal yang tiba-tiba jadi duda pun tak tahu harus berbuat apa karena sudah puluhan tahun ia tak pernah mencoba mendekati wanita. Dari kondisi inilah Glenn Ficarra dan John Requa mencoba menggali sisi komedi dari film lansiran Warner Bros ini. Bagaimana jadinya? Semoga saja Steve Carell bakal tetap lucu seperti dalam film DATE NIGHT kemarin.
AGUSTUS
THE HELP (12 Agustus)
Mississippi di tahun 1960-an. Saat itu perbedaan warna kulit saja sudah cukup menjadi alasan untuk saling bermusuhan. Di saat ada dinding yang sangat tebal inilah seorang penulis muda bernama Eugenia Phelan menulis sebuah buku yang berisi tentang jeritan hati warga kulit hitam di sana. Film besutan sutradara Tate Taylor ini sebenarnya diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya Kathryn Stockett yang terbit di tahun 2009 lalu. Selain topik yang menjanjikan, ada nama-nama besar yang masuk daftar pemain film rilisan Touchstone ini.
SEPTEMBER
COURAGEOUS (30 September)
Menjadi seorang ayah adalah naluri setiap pria. Meskipun begitu, tak setiap pria bisa mendefinisikan makna dari seorang ayah dan bagaimana sebenarnya sosok ayah yang baik itu. Alex Kendrick memang tak berusaha menggurui namun setidaknya film ini memberikan sedikit gambaran tentang pergolakan batin pria saat ia mengalami sendiri bagaimana rasanya menjadi seorang ayah.
OKTOBER
WANDERLUST (7 Oktober)
Dasar nasib sedang sial. Baru juga pasangan dalam film ini membeli rumah di New York, sang suami harus kehilangan pekerjaannya dan harus merelakan rumah baru ini lepas dari tangan mereka. Satu-satunya pilihan adalah pindah ke Georgia dan tinggal bersama keluarga mereka. Sayangnya, di tengah jalan pasangan ini malah harus terjebak di tengah kelompok nudis dan mau tak mau mereka harus mengikuti tradisi yang ada di sana.
THE MUPPETS (25 November)
Masih ingat Kermit, Piggy dan kawan-kawan yang pertama kali muncul lewat THE MUPPET SHOW? Karakter-karakter itu bakal muncul di layar lebar tahun 2011 ini dalam film hasil besutan James Corbin dan Jason Segel yang berjudul THE MUPPETS. Bagaimana kisahnya? Kali ini mereka bakal bersatu untuk menyelamatkan The Muppet Theater yang bakal diambil alih oleh seorang saudagar minyak.

0 komentar:

Posting Komentar